Cara membuat Company Profile yang menarik pelanggan

Saat pembuatan company profile, tampilan yang baik bisa menarik pelanggan. Akan tetapi, tampilan yang baik masih belum bisa menarik pelanggan akan pada perusahaan itu. Maka dari itu perlu ditambahkan elemen-elemen yang membuat menarik diantaranya:

  1. Membuat Isi yang Singkat, Padat dan Jelas
    Perusahaan memiliki produk yang harus dijelaskan kepada para pembaca. Dalam menjelaskan produknya harus dibuat dengan efektif dan efisien sehingga bisa terfokus dalam menyampaikan informasinya. Dalam pembuatan company profile yang berbentuk teks, disarankan maksimal hanya dua halaman kertas folio. Alasannya para pembaca hanya membaca sekilas. Bila membuat dalam format video, maka gunakan durasi yang ringkas agar penonton tidak bosan .
  2. Menjelaskan Langsung ke Pokok Persoalan
    Membuat company profile langsung ke pokok persoalan dari informasi yang ingin disampaikan dan tidak perlu basi-basi agar tersampaikan ke para pembaca.
  3. Menggunakan Data yang Akurat
    Data yang terlampirkan pada company profile harus terjamin keakuratan. Tujuannya agar mendapatkan kepercayaan para pembaca terhadap perusahaan. Diantara para pembaca yang membaca brosur yang anda buat, terkadang ada beberapa langsung konfirmasi terkait informasi yang tertuang. Terutama dalam hal kelebihan yang dimiliki perusahaan. Buatlah yang sesuai dengan kenyataan yang ada tanpa melebih-lebihkan. walaupun tujuan anda ingin menarik pembaca tetapi kejujuran lebih diutamakan. Hal ini berguna untuk menjaga kepercayaan para pembaca.
  4. Memberikan informasi yang terbaru
    Sebaiknya anda sajikan informasi yang terbaru agar relevan kepara pembaca. Misal perusahaan anda ada informasi diskon terhadap produknya yang diadakan hanya bulan ini. Informasi ini harus disegera informasikan agar para pembaca mengetahui informasi yang diadakan oleh perusahaan anda. Jangan beri informasi yang sudah terlewat dikarenakan akan membuat para pembaca akan dikecewakan. Agar para pembaca mengetahui lebih jelas terhadap informasi yang diberikan, ada kontak yang bisa dihubunginya.

Isi Company Profile Perusahaan

1) Cover front / depan
Terdapat informasi judul, nama perusahaan, alamat, bidang usaha dan alamat website.
2) Sejarah atau Tentang Perusahaan (wajib)
Berisi mengenai profil perusahaan anda. Bagaimana sejarah perusahaan anda berdiri, Perusahaan anda bergerak dibidang / usaha apa saja berserta penjelasan singkatnya masing – masing, dll. Gunakan jasa Content Writer jika ingin membuat isinya sempurna.
3) Visi Misi
Company Profile umumnya pasti memiliki visi misi perusahaan. Hal ini agar pembaca tau target visi dan misi perusahaan anda.
4) Produk / jasa perusahaan
Bagian ini merupakan hal terpenting dari isi company profile anda. Bagian ini menjelaskan perusahaan anda yang tawarkan seperti produk atau jasa apa yang anda perusahaan anda jual.
5) Kelebihan
Menjelaskan kelebihan perusahaan kepada pelanggan agar bisa menarik pelanggan.
6) Pengalaman perusahaan
Sama seperti nomor 6 diatas, membuat pembaca lebih tertarik dengan perusahaan anda.
7) Gallery foto
Hal ini tidak wajib, tetapi pembaca bisa mengetahui kegiatan yang dilakukan perusahaan anda melalui foto kegiatan. Bila belum ada foto-foto kegiatan, anda bisa gantikan menggukana ilustrasi yang berhubungan dengan perusahaan.
8) Daftar Client
Merupakan optional tetapi fungsinya sangat besar. Halaman Client berguna untuk menarik perhatian pembaca / calon Client. Jika perusahaan anda memiliki banyak client sehingga calon client baru lebih percaya akan reputasi anda. Halaman client di company profile bisa berupa daftar nama client/ nama perusahaan client / logo perusahaan client saja.
9) Cover belakang & kontak informasi
Cover belakang wajib dipasang informasi kontak alamat, no telepon, fax, email, dll. Tambahkan kesan yang canggih seperti QR code untuk menambahkan kontak otomatis ke telephone.

Created by: Braike Rema

Leave a comment